Rpjpd Kota Kendari Merancang Kota Kendari 2025-2045

Rpjpd Kota Kendari 2025-2045
Rpjpd Kota Kendari 2025-2045

SULTRA PERDETIK, –┬áBadan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari mengadakan Forum Konsultasi Publik yang bertempat di Aula Samaturu, Balai Kota Kendari. Forum ini membahas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kendari untuk periode 2025-2045. Acara ini secara resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, berharap agar peserta forum dapat memberikan kontribusi yang berharga dan ide-ide luar biasa dalam pembangunan jangka panjang Kota Kendari. Ia mengajak peserta untuk bersama-sama menyumbangkan pemikiran terbaik dalam membangun Kota Kendari untuk 20 tahun ke depan. Menurutnya, kerja kolaboratif sangat penting dalam menciptakan karya yang luar biasa. “Kita akan menyusun dokumen perencanaan dengan durasi 20 tahun, mulai dari 2025 hingga 2045. Oleh karena itu, kita perlu berpikir seolah-olah kita sudah berada di tahun 2025,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

RPJPD merupakan acuan penting dalam menyusun perencanaan pembangunan jangka menengah dan jangka panjang di Kota Kendari. Oleh karena itu, Pj Wali Kota berharap penyusunan ini dilakukan secara visioner dan komprehensif. Dalam hal ini, KLHS menjadi instrumen penting yang digunakan dengan pendekatan teknokratis dan partisipatif. Dua pendekatan ini digunakan untuk mengkaji aspek lingkungan, sehingga diharapkan dapat mendukung rencana pembangunan di masa depan.

KLHS RPJPD Kota Kendari ini merupakan langkah yang progresif dalam mengintegrasikan kepentingan lingkungan hidup dengan perencanaan pembangunan. Dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan pendekatan teknokratis, diharapkan hasilnya akan mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Kendari, sambil memperhatikan perlindungan dan pelestarian lingkungan.

Forum Konsultasi Publik ini juga menjadi wadah bagi berbagai pihak terkait untuk saling berdiskusi dan bertukar ide dalam rangka memajukan Kota Kendari ke arah yang lebih baik. Peserta diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga dan solusi inovatif untuk menghadapi tantangan pembangunan yang akan datang.

Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan menggunakan pendekatan yang holistik, Kota Kendari dapat merumuskan rencana pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan dan mampu menjawab kebutuhan serta aspirasi masyarakatnya. Harapannya, hasil dari Forum Konsultasi Publik ini akan menjadi dasar yang kuat dalam merancang RPJPD Kota Kendari tahun 2025-2045, sehingga Kota Kendari dapat menjadi kota yang maju, lestari, dan berkualitas tinggi di masa depan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *