Operasi Patuh Anoa 2023, Tindak Pelanggaran, Wujudkan Kelancaran dan Kedisiplinan di Konawe Utara

Gelar Pasukan Operasi Patuh Anoa 2023
Gelar Pasukan Operasi Patuh Anoa 2023

SULTRA PERDETIK, – Hari ini, Senin (10/7/2023),┬ásuasana di Mako Polres Konawe Utara, Kabupaten Konawe Utara, dipenuhi dengan semangat dan kedisiplinan. Pukul 08.00 WITA, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K., berdiri di depan gelar pasukan Operasi Patuh Anoa 2023.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut diadakan di lapangan apel Mako Polres Konawe Utara, yang terletak di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera.

Kapolres Priyo Utomo menjadi pemimpin apel, dihadiri oleh pejabat utama, personel Polres Konawe Utara, anggota TNI Kodim 1430 Konut, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta dihadiri juga oleh Wakil Bupati H. Abuhaera, Dandim 1430, dan OPD terkait.

Dalam apel tersebut, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Konut, yang dipimpin oleh Kasat AKP Suhermin, S.H., M.H., menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap disiplin berlalulintas. Tugas mereka adalah memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di Konawe Utara.

Operasi Patuh Anoa, yang akan berlangsung selama 14 hari secara serentak di seluruh Indonesia, dimulai pada tanggal 10 Juli hingga 23 Juli 2023. Operasi ini bertujuan untuk menindak pelanggaran dalam 7 kategori, antara lain penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi ranmor di bawah umur, pengendara motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara tanpa menggunakan sabuk pengaman dan helm standar SNI, pengendara ranmor yang mengonsumsi alkohol atau dalam pengaruhnya, pengemudi yang melawan arus, dan pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Dalam amanatnya, Kapolres Konut, AKBP Priyo Utomo, menyampaikan bahwa Operasi Patuh ini merupakan upaya Polri untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas melalui pendekatan preventif dan preemtif. Dengan adanya operasi ini, diharapkan masyarakat dapat memahami bahwa patuh dan tertib berlalu lintas merupakan cerminan moralitas bangsa.

“Saya berharap masyarakat Konawe Utara dapat menjadi lebih tertib dan taat dalam berlalu lintas, sehingga kita dapat mencegah bahkan mengurangi kejadian kecelakaan di wilayah kita,” ucap Kapolres Konut dengan harapan yang tulus.

Dalam gelar pasukan ini, suasana penuh semangat dan kesatuan terlihat jelas. Semua personel Polres Konawe Utara dan instansi terkait siap melaksanakan tugas mereka dalam operasi ini. Dengan kerja sama yang solid antara aparat penegak hukum, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan operasi ini dapat menciptakan perubahan positif dalam perilaku berlalu lintas dan keselamatan jalan raya di Konawe Utara. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *